"Selamat Datang di BenSports's Blog"

Jumat, 11 Maret 2011

teknik latihan sepak bola

SEPAK BOLA adalah olah raga yang sangat kompleks. Hampir seluruh anggota tubuh harus Anda gunakan di dalam olah raga ini. Selain itu, pikiran dan komunikasi antar pemain dalam suatu tim juga sangat dibutuhkan dalam memenangkan sebuah pertandingan sepak bola. Untuk itulah ada beragam latihan sepak bola yang harus dilakukan oleh seorang pemain untuk menimba kemampuannya.
Latihan Fisik

Tahap pertama latihan sepak bola yang harus dilakukan seorang pemain adalah latihan fisik. Fisik yang kuat akan sangat mendukung di dalam pertandingan sepak bola.
Lamanya waktu pertandingan, yaitu 2 x 45 menit membuat seorang pemain wajib memiliki ketahanan fisik. Bahkan tak jarang pertandingan harus diperpanjang lagi dengan waktu tambahan selama 2 x 15 menit. Inilah pertandingan yang benar-benar akan menguras fisik pemain.
Untuk melatih fisik seorang pemain, banyak latihan yang bisa dilakukan. Salah satu latihan fisik yang cukup mudah dan efektif adalah lari. Latihan bisa dimulai dengan cara berlari keliling lapangan sepak bola sebanyak beberapa putaran. Setelah itu, berlari secara cepat (sprint) dalam jarak tertentu juga bisa dilakukan.
Selain berlari, latihan fisik lain yang bisa dilakukan adalah push up, sit up dan angkat tubuh. Latihan-latihan ini bisa membentuk otot dan fisik tubuh sehingga lebih kuat. Dengan latihan yang teratur, otot akan terbentuk dan pemain memiliki ketahanan yang baik.

Latihan Teknik

Setelah latihan fisik, latihan sepak bola yang harus dilakukan oleh seorang pemain adalah latihan teknik. Latihan ini terbagi dua, yaitu untuk pemain dan kiper.
Untuk kiper, latihan yang bisa dilakukan adalah latihan teknik menangkap bola, melompat dan cara menjatuhkan diri setelah menangkap bola. Selain itu, seorang kiper juga harus dilatih refleksnya dalam menangkap bola.
Untuk pemain lain, latihan teknik bisa dimulai dengan latihan menggiring bola. Latihan berikutnya bisa mengarah pada menendang bola baik itu untuk memberikan umpan ataupun mencetak gol. Pemain bisa dilatih untuk memberikan umpan-umpan pendek dan umpan panjang dengan bola tinggi. Latihan menyundul bola juga menjadi salah satu latihan yang penting.
Selain itu, latihan untuk mengontrol bola juga harus dilakukan. Dengan penguasaan bola yang baik, pemain akan mudah dalam melakukan manuver saat melakukan penyerangan. Latihan merebut bola juga bisa diberikan terutama untuk pemain-pemain bertahan.

Latihan Kerjasama

Sepak bola merupakan olah raga tim. Dengan demikian, untuk memenangkan pertandingan kerja sama tim adalah yang paling utama. Dengan kerjasama yang solid dari tim baik itu saat bertahan maupun menyerang, sebuah tim akan menjadi pemenang.
Latihan kerjasama bisa dilakukan dengan mengadakan pertandingan kecil. Di sini, pemain bisa saling berinteraksi dan memperlihatkan kemampuannya.
Setiap pemain harus memahami berbagai teknik dan strategi yang dipaparkan pelatih dan menerapkannya di dalam lapangan. Kerjasama akan terbentuk jika setiap pemain bisa menempatkan diri dengan baik sesuai dengan porsi dan peranannya masing-masing.
Selain ketiga latihan inti tersebut, masih banyak latihan sepak bola lainnya yang bisa dilakukan. Penguasaan teknik dan strategi adalah yang terpenting bagi setiap pemain. Dengan latihan yang tepat dan berkala, kemampuan pemain dan tim akan dapat meningkat dengan cepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Trim's ya komentarnya ....